Minggu, 26 Januari 2014

Revolusi 25 Januari (Al Jazeera)

Revolusi Januari, Mesir

Dari Portal Al Jazeera Arabic

Dini hari, aktifitas yang tak biasa mengenang tahun ke-tiga peristiwa revolusi 25 Januati untuk menolak kudeta terjadi di Iskandariah. Aksi demonstrasi dilakukan oleh penduduk Mesir di jalan-jalan utama di Mesir. Mereka menyerukan slogan yang mereka namakan "mengembalikan revolusi" dengan membawa logo-logo untuk menjatuhkan pemerintah. Demonstrasi dilaksanakan di berbagai wilayah, diantaranya Burj Arab, al awaaid, as shafraa, dan suyuf.

Akan tetapi pihak keamanan dengan cepat melepaskan tembakan ke arah demonstran. Seketika suanana menyala-nyala dan mereka berlarian ke berbagai arah. Sementara itu suara tembakan dan senjata gas bersahutan. Sumayyah Abdullah Hayyat terpisah dari rombongan setelah terkena tembakan di dadanya di mana ia mengikuti demonstrasi di Suyuf di barat Iskandariah. Sumber peluru mematikan berasal dari polisi dan pihak keamanan yang berhadapan dengannya dan mencoba memisahkannya dari rombongan demonstran. Lalu apa yang dikatakan Ayah Sumayyah?

"Allah swt tidak akan menunjukkan jalan kedzaliman, Allah swt akan menolong orang-orang terdzalimi, anak perempuanku telah berpulang ke hadapan Tuhannya..."

Korban luka bertambah banyak. Disini, di lapangan  as shafra korban luka dipindahkan untuk mendapatkan pertolongan pertama.
Terdapat beberapa gambar tentang perikaian antara demonstran dan pihak keamanan, antara penolak kudeka dan pihak keamanan. Meskipun jumlah korban luka dan meninggal terus bertambah, akan tetapi mereka berkumpul kembali untuk melanjutkan aksi demonstrasi. Inilah peringatan revolusi Mesir yang dipenuhi dengan kemuraman dan darah.

Sumber : http://www.aljazeera.net/reportslibrary/pages?id=f34f0584-80ea-4150-a27b-1c80cda449fe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar