Selasa, 03 September 2013

Masa Orientasi (يوم اللقاء التعريفي)

Senin, 02 September 2013


Jarum jam baru menunjukkan pukul 07.45. Masih terbilang pagi namun bagi negara di tengah gurun tentunya matahari sudah meninggi dan udara mulai terasa hangat. Sepagi ini tak kurang dari 50 orang penghuni asrama wanita yang berasal dari berbagai negara sudah duduk manis di dalam bus, pasalnya hari ini adalah hari orientasi bagi mahasiswa di Internasional Student Section di Universitas Qatar. Dua buah bus terparkir di depan kantor asrama, perjalanan ini dipandu oleh tutor di setiap bis. Adapun tutor di bus yang kutumpangi bernama Halla, seorang mahasiswa di jurusan ilmu gizi universitas Qatar berkebangsaan Yaman.

Perjalanan dari asrama yang beralamat di Al Dar 1 Compound menuju Universitas Qatar ditempuh selama kurang lebih 15-20 menit dengan bus. Acara orientasi yang diadakan di New Library Building, dihadiri oleh al Ustadzah Hudaa Dabuur selaku ketua ISS. Rangkaian acara dimulai dengan registrasi untuk selanjutnya mendapatkan kartu identitas pelajar. pengarahan tentang studi di Universitas Qatar khususnya dalam program dibawah naungan ISS disampaikan langsung oleh ustadzah Hudaa Dabuur, beliau menyampaikan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa sesampainya di Qatar dalam dua bahasa, arab dan inggris. Dimulai dari cek kesehatan hingga memperoleh izin tinggal. Perlu dicatat bahwa selama siswa belum mendapatkan izin tinggal mereka tidak diperbolehkan untuk keluar dari negara Qatar dan selama itu pula identitas lain harus selalu dibawa saat berkeliling sekitar negara kilang minyak ini. Jika suatu waktu, ketahuan tidak membawa identitas dapat dikenakan denda yang sangat mahal, kalau tidak salah sebanyak 5000 riyal. Dalam proses ini para mahasiswa dibantu oleh universitas untuk mendapatkan izin tinggal dan kartu kesehatan yang berlaku di rumah sakit yang berada di Qatar. Perlu diperhatikan semua dokumen yang diperlukan, pas foto serta up date email selalu di tangan selama bepergian. Penjelasan berlanjut hingga tata tertib yang diberlakukan, fasilitas yang disediakan, dan pengisian form pembukaan rekening di QNB. Ketika semua presentasi yang disampaikan oleh ustadzah Hudaa Dabuur selesai, kami diminta untuk mengisi angket yang berkaitan dengan pelayanan di ISS. Setelah itu waktunya snack time.
bersama Lee (Vietnam) dan Fiorella (Peru)
Pukul 10.45 acara di aula ditutup, tibalah waktunya tur keliling kampus. Mungkin ada baiknya memakai pelindung kepala saat tur, karena meski tur dilakukan dengan naik bis, saat turun dan mengunjungi beberapa Fakultas kita akan tetap tertepa sinar matahari yang menggila.Kami megunjungi beberapa bangunan, antara lain; fakultas tarbiyah, art and science, dll.

Berikut beberapa lokasi sekitar kampus yang sempat terjepret kamera


Intan- di depan perpustakaan






Acara belum berakhir setelah tur keliling kampus, dilanjutkan dengan tur sekitar Qatar. Tetapi kami hanya mengunjungi Katara, sebuah Pantai dengan pemandangan menakjubkan yang sekaligus menjadi pusat acara Doha Festival Film yang akan diadakan dalam waktu dekat ini. Sayangnya kami hanya melewatinya saja, lagipula tengah terik begini tidak ada seorangpun yang bermain di luar ruang. Ada sedikit peristiwa lucu bagiku, sebelumnya Halla sudah bertanya apakah semuanya mengerti bahasa inggris. Sampai-sampai di tengah perjalanan dia berbisik sendiri padaku "Apakah kamu mengerti bahasa inggris? Jika tidak bilang saja saya akan menjelaskannya untukmu". Hehehe... Sebegitu tidak meyakinkannya wajahku ini. Sekitar pukul 13.30 kami telah sampai kembali di asrama. Mungkin disebabkan oleh tubuh yang belum mampu beradaptasi penuh dengan cuaca perjalanan ini terasa cukup melelahkan, bahkan dua orang temanku sempat muntah. Tetapi hari ini adalah hari yang luar biasa. Alhamdulillah, dapat berkeliling di calon kampus, Fabolous, Allahu Akbar ^_^  

2 komentar: